Rabu, 24 Mei 2017

Juara Liga Europa Musim ini Langsung ke Fase Grup Liga Champions


Berbeda dari biasanya, juara Liga Europa kali ini akan dapat tiket langsung masuk ke fase grup Liga Champions musim depan. Ini alasan yang melatarbelakanginya.

Semenjak 2014-15, kampiun Liga Europa dapat jatah ke Liga Champions musim berikutnya kendatipun cuma tiket untuk tampil di fase play-off. Artinya, tetap ada peluang untuk tersisih di fase itu sehingga urung tampil di Liga Champions.

Akan tetapi, untuk musim ini Ajax atau Manchester United dipastikan bakal tampil di fase grup Liga Champions musim depan jika jadi pemenang di partai final, Kamis (25/5/2017) dinihari WIB.

Ini tentu menjadi iming-iming tambahan buat kedua tim, secara khusus MU yang dari posisinya di liga cuma berhak tampil di Liga Europa musim depan -- Ajax jadi runner-up Eredivisie dan sudah berhak atas tiket kualifikasi fase ketiga Liga Champions.

Lantas bagaimana itu bisa terjadi? Ini berkaitan erat dengan status dua tim finalis Liga Champions 2016-17, yakni Real Madrid dan Juventus.

Pada dasarnya, catat UEFA.com, juara Liga Europa akan merintis jalan ke Liga Champions musim berikutnya lewat jalur play-off terkecuali; mereka sudah memastikan tiket fase grup via posisi di liga domestik ATAU tim juara Liga Champions sudah dipastikan dapat tempat di fase grup kompetisi itu pada musim berikutnya via posisinya di liga domestik, "menghadirkan pelimpahan jatah buat juara Liga Europa sehingga bisa langsung masuk ke fase grup."

Seperti diketahui, Real Madrid dan Juventus sudah menjuarai liga masing-masing, Spanyol dan Italia secara berurutan, sehingga mereka pun telah memastikan satu tempat di fase grup Liga Champions musim depan. Maka jadilah pemenang Liga Europa kali ini berhak dapat pelimpahan jatah untuk langsung masuk ke fase grup Liga Champions musim mendatang.

• Jika MU juara Liga Europa 2016-17 maka Inggris akan punya lima jatah di Liga Champions musim depan, mengingat The Red Devils finis di luar posisi empat besar.

• Mengingat Ajax sudah finis di posisi kualifikasi Liga Champions via liga domestiknya, Belanda tidak akan mendapat jatah ekstra jika Ajax menjuarai Liga Europa kali ini.

0 comments:

Posting Komentar