Selasa, 04 Desember 2018

UEFA Pastikan VAR Akan Dipakai di Liga Champions Musim Ini

OLE777 INDONESIA - Executive Committe UEFA telah memutuskan bahwa Video Assistant Referee (VAR) akan dipergunakan di kompetisi Liga Champions musim 2018-19 ini.
Keputusan itu diambil oleh Exco UEFA melalui sidang yang digelar di Dublin, Senin (03/12). Teknologi VAR baru akan diaplikasikan mulai babak knock out alias babak 16 besar.
Sesuai rencana, fase knock out UCL akan dimulai pada 16 Februari 2019 mendatang. Penerapan ini sendiri diaplikasikan oleh UEFA karena mereka sebelumnya sudah sukses melakukan sejumlah tes dan menggelar pelatihan pada para wasit dalam beberapa bulan belakangan.
Selain itu Exco juga memutuskan bahwa VAR akan digunakan di final Liga Europa 2019 mendatang. Final UEFA Nations League 2019 plus turnamen Euro U-21 2019 juga akan dihiasi oleh pemakaian teknologi ini.
Pernyataan Bos UEFA
Presiden UEFA Aleksander Ceferin memberikan pernyataan mengenai keputusan ini. Ia mengatakan bahwa pihaknya memutuskan untuk memakai VAR pada musim ini karena melihat teknologi itu memberikan banyak manfaat khususnya bagi pengadil lapangan.
"Kami siap menggunakan VAR lebih awal dari yang direncanakan awal dan kami yakin bahwa ini akan bermanfaat bagi kompetisi kami karena akan memberikan bantuan yang berharga untuk perangkat pertandingan dan akan memungkinkan untuk mengurangi keputusan yang salah."
VAR sendiri sebelumnya sudah digunakan di sejumlah kompetisi di Eropa. Salah satunya di pentas Serie A.

0 comments:

Posting Komentar