Jumat, 28 Juli 2017

Bobotoh Harus Bersikap Santun


Jakarta - Panpel Pertandingan Persib Bandung, Budi Bram, menyebut upaya mendidik suporter agar tak melakukan kekerasan sudah dilakukan. Namun itu belum membuahkan hasil yang diinginkan.

Laga antara Persib vs Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (22/7/2017), menghadirkan berita duka. Salah satu Bobotoh yang bernama Ricko Andrean Maulana meninggal dunia di Rumah Sakit Santo Yusup pada Kamis (27/7/2017) pagi WIB.

Dia merupakan korban salah sasaran yang diduga The Jakmania oleh Bobotoh. Menurut kabar yang berkembang, Ricko adalah seorang Bobotoh yang berupaya melindungi salah satu The Jakmania dari amukan kelompok pendukung Persib.

Dengan meninggalnya Ricko, Budi Bram selaku Panpel Persib berharap kejadian serupa tidak terulang lagi. Budi juga meminta Bobotoh bersikap santun setelah meninggalnya Ricko.

"Kami prihatin. Tidak ada yang mau kejadian ini memakan korban. Kembali, kami minta Bobotoh untuk bersikap santun. Walaupun hanya akhir-akhir ini saja kurang (santun). Mudah-mudahan ini yang terakhir," kata Budi saat ditemui di kantor pusat PSSI.

Budi juga menambahkan bahwa selama ini sudah banyak upaya dilakukan untuk meredam emosi Bobotoh saat berhadapan dengan suporter lawan. Akan tetapi, hal tersebut tidak selamanya berhasil karena semua kembali kepada individu masing-masing.

"Upaya (pencegahan) juga sudah dilakukan. Bahkan, Bobotoh dikumpulkan oleh Kapolrestabes Bandung untuk diberikan edukasi. Dari internal juga ada upaya, tapi masalah ini kembali ke orangnya, ke individunya sendiri," tandas Budi.
Reactions:

0 comments:

Posting Komentar