Senin, 24 Juli 2017

Timnas U23 Gagal Lolos ke Piala Asia U-23


Bangkok
- Indonesia ditahan imbang 0-0 oleh Thailand di laga terakhir Kualifikasi Piala Asia U-23. Alhasil Skuat Garuda muda gagal maju ke putaran final.

Pelatih Luis Milla melakukan beberapa perubahan setelah Indonesia menang telah 7-0 atas Mongolia di laga kedua Kualifikasi lalu. Di lini depan, Marinus Manewar dan Saddil Ramdani digantikan oleh Yabes Roni dan Febru Hariyadi. Sementara itu, di sisi full-back kiri Milla lebih memilih memainkan Ricky Fajrin daripada Rezaldi Hehanusa.

Bermain di Stadion Nasional Supachalasai, Minggu (23/7/2017) malam WIB, Indonesia kesulitan menekan pertahanan Thailand. Sebab, kondisi lapangan harus tergenang air lantaran hujan deras saat laga baru berjalan lima menit.

Thailand dan Indonesia kesulitan menampilkan permainan terbaik. Serangan keduanya kerap gagal sebelum memasuki kotak penalti akibat genangan air.

Pertandingan pun berakhir imbang tanpa gol. Hasil itu membuat Indonesia gagal tampil di di Piala Asia U-23 Januari mendatang. Evan Dimas cs. harus puas duduk di posisi tiga dengan koleksi empat poin.

Sementara itu, Thailand finis runner-up dengan lima poin. Mereka masih punya peluang untuk lolos jika bisa masuk lima besar runner-up terbaik. Sedangkan Malaysia langsung melaju ke babak utama setelah menyandang juara Grup G dengan enam poin usai menang 2-0 atas Mongolia.

Jalannya Pertandingan
Sejak meniat awal, Indonesia langsung berusaha melancarkan serangan dari sisi kiri. Namun, usaha tim Garuda Muda masih bisa dihadang lini pertahanan Thailand.

Saat laga baru berjalan kurang dari 10 menit, hujan deras mengguyur lapangan, yang mengakibatkan beberapa bagian lapangan tergenang air. Situasi itu membuat Thailand dan Indonesia kesulitan mengembangkan permainan.

Di menit ke-15 Indonesia mendapatkan sepak pojok, namun kesempatan itu gagal dimanfaatkan menjadi gol setelah dibuang keluar kotak penalti oleh pemain lawan.

Selang 10 menit kemudian Thailand bisa mendominasi jalannya laga. Mereka bahkan beberapa kali mampu mengirim bola ke dalam kotak penalti Indonesia. Namun, usaha tersebut kerap gagal lantaran genangan air karena hujan deras acap kali menghentikan laju bola.

Thailand kembali melancarkan serangan. Tim besutan Worrawoot Srimaka mengancam gawang Indonesia setelah pemain tuan rumah melepaskan umpan silang dari sisi kiri. Beruntung bagi Indonesia, Kartika Ajie bisa dengan cepat memotong laju bola sebelum disambar lawan.

Di menit ke-43 Indonesia mendapat peluang emas dari Yabes Roni. Pemain bernomor punggung 22 itu berhasil melepaskan bola setelah bola hasil sapuan kiper Thailand terhenti genangan air. Namun, bola hasil sepakan Yabes masih bisa diblok pemain belakang lawan.

Hingga babak pertama usai, tak ada satu pun gol yang tercipta.

Di awal babak kedua Thailand langsung mengambil inisiatif serangan. Mereka pun mendapat peluang bagsu lewat umpan silang Sasalak Haiprakhon, namun tak membuahkan hasil setelah Kartika Ajie dengan cepat membuang bola keluar lapangan.

Di menit ke-49 Thailand kembali mengancam gawang Indonesia. Surya Singmui mengirim umpan lewat eksekusi tendangan bebas ke dalam kotak penalti Garuda Muda, yang disambar dengan sundulan Chenrop Samphaodi. Malang untuk Thailand, bola hasil sundulan pemainnya itu sedikit melebar.

Indonesia mendapat peluang emasi di menit ke-62 lewat kaki Osvaldo Haay. Pemain asal Persipura itu berdiri bebas di dalam kotak penalti Thailand setelah menerima umpan Marinus. Akan tetapi, kesempatan itu tak berbuah gol setelah bola hasil sontekan Osvaldo malah menyasar sisi kiri gawang Nont Muangngam.

Di menit ke-83 Thailand berupaya mengejar gol untuk demi memastikan diri untuk keluar sebagai juara Grup H. Mereka pun mendapat peluang lewat Chenrop Samphaodi, namun bola hasil tendangannya masih bisa diblok pemain belakang Indonesia.

Selang tiga menit kemudian Indonesia balik mengancam gawang Thailand. Osvaldo, yang berhasil menggiring bola ke dalam kotak penalti Thailand melepaskan tembakan, namun Muangngam dengan sigap menepis bola.

Di menit ke-92 Thailand nyaris membobol gawang Indonesia. Nattawut Sombatyotha berhasil menanduk bola dari hasil umpan silang. Beruntung bagi Indonesia, bola tepat berada dipelukan Kartika Ajie.

Di sisa waktu tak ada gol tercipta, Indonesia pun harus menyudahi laga melawan Thailand dengan skor 0-0.

Susunan Pemain
Thailand: Nont Muangngam, Saringkan Promsupa, Worachit Kanitsribumphen, Shinnaphat Leeaoh, Nopphon Phonkam, Chenrop Samphaodi, Chaiyawat Buran, Phitiwat Sookjitthammakul, Rattanakorn Maikami, Sasalak haiprakhon, Suriya Singmui.

Indonesia: Kurniawan Kartika Ajie, Bagas Adi Nugroho, Hansamu Yama Pranatha, Gavin Kwan, Ricky Fajrin Saputra, Osvaldo Haay, Evan Dimas Darmono, Muhammad Hargianto, Febri Hariyadi, Yabes Roni (Saddil 71'), Septian David (Marinus 51').

0 comments:

Posting Komentar