Rabu, 15 November 2017

Syarat Dapatkan Lisensi AFC, PSSI Dorong Klub Harus Memiliki Akademi


OLE777 - Pesatnya perhelatan sepakbola Indonesia yang kian berkembang, PSSI akan mendorong klub-klub sepakbola Indonesia untuk membangun akademi yang direncanakan tahun depan. Hal tersebut upaya klub untuk mendapatkan lisensi resmi klub profesional AFC.

Tahun ini hanya lima klub yang berhasil mendapatkan lisensi dari AFC. Lisensi ini sangat dibutuhkan sebuah klub untuk dapat tampil di kompetisi Asia dan unsur pembinaan yang juga merupakan salah satu syarat.

Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria menegaskan segera adanya penerapan club liscensing. Klub harus lebih dewasa soal liscensing ini sebagai kebutuhan mereka, karena liscensing adalah status profesional mereka yang nantinya akan memberikan keuntungan kembali ke klub.

OLE777 - Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria

Aspek lainnya dari liscensing ini adalah sporting, yaitu adanya jenjang di Elite youth academy. Bukan sekolah sepakbola, karena ini beda. Elite youth academy ini wajib terintregasi langsung dengan klub.

Tahun ini PSSI juga meluncurkan buku Filosofi Sepakbola Indonesia (filanesia) yang diharapkan bisa menjadi acuan dari tiap pelatih untuk mendidik para bibit muda pesepakbola tanah Air sesuai dengan filosofi yang diinginkan.

"Maka dari itu PSSI akan fokuskan agar setiap klub memiliki direktur teknik yang nantinya bisa membuat konsep youth academy yang menerapkan filanesia ini di 2018", ungkap Tisha selaku Sekjen PSSI yang memiliki beasiswa FIFA Master.

0 comments:

Posting Komentar