Rabu, 23 Agustus 2017

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal SEA Games 2017


Kuala Lumpur - Hasil imbang dengan Vietnam menjaga peluang Indonesia lolos ke semifinal cabang sepakbola SEA Games 2017. Tapi kemenangan atas Kamboja di laga terakhir tak lantas menjamin kelolosan. Bagaimana hitungannya?

Meski dengan susah payah, Indonesia berhasil meraih satu poin dalam laga dengan Vietnam. Bermain di Stadion Selayang, Malaysia, Selasa (22/8/2017) malam WIB, Garuda Muda menyudahi laga dengan skor 0-0 setelah harus bermain dengan 10 orang.

Hasil imbang tersebut membuat Indonesia kini duduk di posisi tiga Grup B dengan poin 8 (selisih gol +4). Puncak klasemen jadi kepunyaan Vietnam (poin 10, +11), dan Thailand berada di posisi kedua (poin 10, +6).

Evan Dimas dkk akan berhadapan dengan Kamboja di pertandingan terakhir. Sementara Thailand dan Vietnam akan baku hantam di waktu yang bersamaan.

Meski akan sulit, skenario tersebut sejatinya sedikit menguntungkan Indonesia.

Walaupun saat ini mengisi dua posisi teratas dan punya peluang besar lolos ke semifinal, Thailand dan Vietnam tidak bisa memilih bermain aman di laga terakhir. Kedua tim akan berisiko disalip Indonesia jika 'main mata'.

Jika Vietnam vs Thailand tuntas dengan hasil imbang, keduanya akan mengoleksi 11 poin dan selisih gol yang sama seperti sekarang. Karena selisih gol yang lebih sedikit, Thailand dalam posisi terancam disalip Indonesia.

Jika Vietnam vs Thailand tuntas sama kuat, Indonesia paling tidak harus menang 3-0 atas Kamboja. Bukan pekerjaan yang mudah, tapi peluangnya terbuka lebar jika melihat hasil yang diraih Kaboja sejauh ini.

Dari tiga pertandingan yang sudah dimainkan, Kamboja tiga kali kalah, mencetak satu gol dan kemasukan sembilan kali. Itu artinya Kamboja rata-rata kemasukan tiga gol per pertandingan.

Jika Vietnam menang, mereka dipastikan akan menjadi juara Grup B dengan poin 13. Indonesia cuma butuh menang 1-0 atas Kamboja untuk jadi runner up grup.

Sementara jika Thailand yang menang, mereka juga dipastikan akan jadi juara grup dengan poin 13. Sekali lagi, Indonesia cuma butuh kemenangan 1-0 atas Kamboja untuk lolos sebagai runner up.


Skenario Indonesia Lolos ke Semifinal

Jika Vietnam vs Thailand imbang, Indonesia wajib menang dengan selisih tiga gol atau lebih.

Jika Vietnam menang, Indonesia wajib menang dengan skor berapapun.

Jika Thailand menang, Indonesia wajib menang dengan sekor berapapun.

Indonesia akan lolos sebagai juara grup jika menang lebih dari 8 gol atas kamboja dan pada pertandingan lain Vietnam dan Thailand berakhir sama kuat.

0 comments:

Posting Komentar