Senin, 03 April 2017

Palace Patahkan Rekor Kemenangan Kandang Chelsea


London - Chelsea menelan kekalahan di kandang sendiri kala menjamu Crystal Palace. Unggul lebih dulu, The Blues takluk 1-2.

Menjamu Palace di Stamford Bridge, Sabtu (1/4/2017) malam WIB, Chelsea unggul cepat kala Cesc Fabregas mencetak gol di menit kelima. Tapi Palace merespons tak lama kemudian.

Hanya berjarak empat menit, Wilfried Zaha menyamakan kedudukan. Dua menit kemudian atau pada menit ke-11, Christian Benteke membalikkan keadaan dan membawa Palace memimpin.

Chelsea berangsur-angsur lebih intens menyerang dan mengepung Palace di sisa waktu. Tapi gagal mendapatkan gol penyama.

Chelsea total punya persentase penguasaan bola hingga 78%, melepaskan 24 percobaan dengan 11 yang tepat target. Sementara Palace hanya punya delapan tembakan, tiga yang mengarah ke gawang seperti dicatat Whoscored.

Ini adalah kekalahan pertama Chelsea di Premier League setelah delapan laga, yang kedua di kandang sepanjang musim setelah dikalahkan Liverpool di awal musim. Meski demikian hasil ini tak mengubah posisi mereka di klasemen.

Chelsea masih memimpin dengan nilai 69 dari 29 laga, namun kini 'cuma' berjarak tujuh poin dari Tottenham Hotspur di posisi dua. Palace ada di posisi 16 dengan 31 poin.

Jalannya Pertandingan

Chelsea langsung mendapatkan kesempatan dari bola mati di menit keempat. Sepakan Marcos Alonso mengarah ke gawang, tapi masih tepat ke kiper Palace Wayne Hennessey.

Semenit berselang, Chelsea memetik keunggulan. Eden Hazard mendapatkan bola di sisi kiri di dalam kotak penalti. Setelah melakukan sedikit trik, dia melewati satu pemain dan melepaskan umpan silang yang dicocor Cesc Fabregas di depan gawang.

Di menit ke-9, Palace membalas. Christian Benteke menyodorkan bola ke Wilfried Zaha di depan kotak penalti. Zaha kemudian coba merangsek dan melepaskan sepakan yang melewati kaki-kaki pemain Chelsea, lalu berakhir di pojok kiri bawah gawang.

Hanya berjarak dua menit, Palace berbalik unggul. Lewat sebuah serangan cepat di sisi kiri, bola diterima Benteke. Bola sempat terlepas dari penguasaannya ketika dalam tekanan dua pemain Chelsea, namun bergulir ke arah Zaha.

Zaha kemudian menyodorkan bola ke Benteke, yang lepas dari pengamata pertahanan Chelsea. Dalam posisi bebas, dia mengecoh Thibaut Courtois dan mencungkil bola melewati kiper Chelsea itu.

Di menit ke-16, Chelsea mengklaim penalti setelah sepakan Pedro Rodriguez mengenai lengan Andros Townsend. Namun wasit tak melihatnya sebagai handball, meski tayangan ulang memperlihatkan terjadinya pelanggaran.

Chelsea punya peluang bagus di menit ke-23. Umpan silang Fabregas disambar sepakan Diego Costa di depan gawang, tapi dihentikan dengan cemerlang oleh Hennessey.

Palace merespons. Upaya Jeffrey Schlupp masih melebar di sisi kiri di menit ke-24. Begitu juga sepakan Jason Puncheon tiga menit berselang.

Chelsea perlahan-lahan makin menguasai jalannya pertandingan. DI menit ke-32, David Luiz melepaskan sepakan langsung dari tendangan bebas. Tepat ke arah kiper.

Hennessey melakukan dua aksi krusial memasuki menit ke-40. Dia memotong umpan silang hasil tusukan dari Marcos Alonso dan Hazard. Chelsea terus menekan dan berupaya merangsek dari kedua sisi.

Di menit ke-45, Hennessey kembali melakukan penyelamatan apik kala menepis sundulan Matic. Skor babak pertama tak berubah lagi, 2-1 untuk keunggulan Palace.

Sebuah upaya dari Costa di menit ke-54 berhasil digagalkan Hennessey. Sementara sepakannya dua menit berselang membentur Scott Dann. Dann pada prosesnya mengalami cedera karena aksi bertahannya tersebut dan ditarik keluar.

Sebuah tusukan dari Zaha di menit ke-61 nyaris berbuah fatal untuk Chelsea. Tapi sepakannya dihalau Courtois.

Chelsea terus menekan Palace. Namun kesulitan karena tim tamu memenuhi kotak penaltinya.

Percobaan Willian dari tendangan bebas di menit ke-73 masih melambung. Sundulan Costa menyambut umpan silan Hazard dua menit berselang, cuma berakhir tipis di sisi kiri gawang.

Sebuah kemelut terjadi di kotak penalti Palace di menit ke-82. Diego Costa mencoba mencocor bola liar dengan tumitnya di depan gawang, tapi bergulir pelan dan disapu oleh Mamadou Sakho.

Sepakan Fabregas dari sudut sempit di menit ke-85 bisa dipatahkan Hennesey. Gempuran dari Chelsea terus mentah di pertahanan Palace.

Pada menit ke-94, Palace punya kans untuk mengunci kemenangan. Zaha mendapatkan ruang tembak setelah menerima umpan silang, tapi sepakannya melambung.

Sampai pertandingan selesai, Chelsea tak berhasil mencetak gol untuk menyelamatkan dari kekalahan.

Susunan pemain:

Palace: Hennessey, Ward, Tomkins (Dann 46' (Delaney 60')), Sakho, Schlupp, Milivojevic, Cabaye, Puncheon, Zaha, Townsend (Kelly 60'), Benteke

Chelsea: Courtois, Azpilicueta, David Luiz, Cahill, Pedro, Kante, Matic (Willian 59'), Alonso (Batshuayi 74'), Fabregas (Loftus-Cheek 97'), Diego Costa, Hazard 

0 comments:

Posting Komentar