Minggu, 23 April 2017

Hazard Bawa Chelsea Melaju ke Final Piala FA


Chelsea jadi tim pertama yang melaju ke final Piala FA musim ini. The Blues mengalahkan Tottenham Hotspur dengan skor 4-2 di semifinal, Sabtu (22/4/2017) malam WIB.

Pada laga yang dihelat di Wembley, Chelsea memimpin 2-1 pada babak pertama. Dua gol Chelsea diborong Willian sementara Spurs lewat Harry Kane. Sementara di babak kedua, Dele Alli sempat menyamakan skor sebelum Eden Hazard dan Nemanja Matic memastikan kelolosan timnya.

Chelsea tampil di final yang akan dihelat Mei mendatang dengan menunggu lawan di antara Arsenal atau Manchester City yang baru berlaga Minggu malam WIB nanti.

Jalannya Pertandingan

Chelsea langsung menggebrak sejak peluit wasit berbunyi. Satu gebrakan dari sisi kiri lantas berbuah pelanggaran untuk Spurs ketika Toby Alderweireld menekel Pedro Rodriguez yang sedang menusuk ke kotak penalti.

Dari jarak sekitar 15-20 yard, Willian melepaskan sepakan ke sisi kiri Hugo Lloris dan sukses menaklukkannya untuk membawa Chelsea memimpin pada menit kelima.

Gol tersebut membuat Chelsea tampil agresif dan menekan pertahanan Spurs. Padahal Chelsea menyimpan dua pemain andalannya, Diego Costa dan Eden Hazard, di bangku cadangan.

Tapi Spurs tak butuh waktu lama untuk bangkit karena mereka berhasil menyamakan skor pada menit ke-18 lewat Kane. Berawal dari korner Christian Eriksen yang gagal dihalau barisan belakang Chelsea, bola jatuh lagi di kaki si pemain dan langsung mengumpan ke kotak penalti. Di sana ada Kane yang menyundulnya ke tiang jauh gawang Thibaut Courtois.

Setelah dua gol tersebut, permainan kedua relatif menurun meski terjadi jual beli serangan. Ketangguhan lini belakang kedua tim jadi alasannya. Satu kans didapat lagi Spurs pada menit ke-36 tapi sayang tandukan Eric Dier tidak menemui sasaran.

Chelsea memimpin lagi pada menit ke-42 ketika akselerasi Victor Moses harus dihentikan Son Heung-Min di kotak penalti. Wasit menunjuk titik putih dan Willian sukses mengonversinya jadi gol untuk mengubah skor jadi 2-1.

Begitu wasit meniup peluit turun minum, skor tersebut masih bertahan untuk keunggulan Chelsea.

Masuk di babak kedua, Spurs langsung ambil inisiatif serangan ke pertahanan Chelsea. Hasilnya pada menit ke-52 Spurs menyamakan kedudukan jadi 2-2 lewat gol Alli. Mendapat umpan lambung dari Eriksen, Alli yang berlari di antara dua bek Chelsea berhasil mencocor bola ke gawang Courtois.

Chelsea pun lantas memasukkan Costa dan Hazard untuk menajamkan serangan menggantikan Willian serta Michy Batshuayi yang bermain tidak efektif sedari awal. Meski demikian pergantian ini tak lantas membuat Chelsea menjadi lebih mudah menekan Spurs.

Pertahanan Solid Spurs membuat Chelsea kesulitan membongkar dan malah mereka beberapa kali direpotkan serangan balik Spurs. Tapi usaha itu akhirnya menemui hasil pada menit ke-75 saat Hazard mencatatkan nama di papan skor sekaligus membawa timnya memimpin lagi 3-2.

Berawal dari korner yang gagal dihalau Kyle Walker, bola jatuh di kaki Hazard yang lantas menembak dengan kaki kiri. Bola melewati beberapa pemain sebelum menjebol jala Lloris.

Chelsea menjauhkan skor jadi 4-2 pada menit ke-82. Kerjasama 1-2 antara Cesc Fabregas dan Hazard diakhiri umpan ke arah Matic yang lantas melepaskan sepakan keras dari jarak 25 yard dan bersarang di pojok kiri atas gawang Spurs.

Costa sempat mendapat peluang pada menit ke-86. Berada dalam posisi bebas saat menerima umpan Fabregas, tandukan Costa dari jarak enam yard malah melebar. Skor 4-2 jadi penutup laga ini dan Chelsea sukses melaju ke final Piala FA.

Susunan Pemain
Chelsea: Courtois; Azpilicueta, Luiz, Ake; Moses (Hazard 61'), Kante, Matic, Alonso; Willian, Pedro (Fabregas 74'); Batshuayi (Costa 61')

Tottenham Hotspur: Lloris; Dier, Alderweireld, Vertonghen; Trippier, Wanyama (N'Koudou 80'), Dembele, Son (Walker 68'); Eriksen, Alli; Kane

0 comments:

Posting Komentar