Selasa, 31 Oktober 2017

Timnas U-19 Indonesia Hantam Timnas Brunei U19 5-0


OLE777 - Timnas Indonesia berhasil memetik kemenangan di laga pertama Kualifikasi Piala Asia U-19. Garuda Muda menggasak Brunei Darussalam 5-0.

Bermain di Paju Public Stadium, Paju, Korea Selatan, Selasa (31/10/2017) siang WIB, Indonesia mendominasi jalannya laga sepanjang 90 menit.

Kesulitan sempat dialami Egy Maulana Vikir dkk di babak pertama. Brunei menumpuk hampir sembilan pemain di dalam area kotak penalti.



Indonesia baru bisa mencetak gol lewat bola diagonal. Muhammad Rafli berhasil melesakkan gol dengan sundulan setelah menyambut umpan silang.

Gol kedua pun berawal dari bola diagonal. Berawal dari sepak pojok, sundulan Asnawi Mangkualam dibelokkan oleh pemain lawan, yang mengarah ke gawang sendiri. Skor 2-0 pun bertahan sampai turun minum.

Di babak kedua Indonesia makin menggila. Tiga dilesakkan oleh Muhammad Iqbal di menit ke-51, Egy di menit ke-56, dan Saddil Ramdani di menit ke-61. Indonesia pun menyudahi laga dengan kemenangan 5-0.

Kemenangan ini membuat Garuda Muda memimpin Grup F dengan tiga poin, unggul selisih gol dari Malaysia di posisi kedua yang menang 3-1 atas Timor Leste di laga sebelumnya.

Jalannya Pertandingan
Indonesia mampu mengambil kendali permainan dari kaki Brunei sejak awal laga. Namun, tim besutan Indra Sjafri masih kesulitan masuk ke wilayah sepertiga pertahanan lawan.

Laga berjalan 10 menit, Indonesia masih terlihat buntu untuk melepaskan tembakan ke gawang Brunei. Tim besutan Takao Fujiwara itu nyaris menumpuk 10 pemain di area pertahanan.


Usaha Indonesia akhirnya berbuah hasil di menit ke-12. Firza Andika, yang mendapat umpan pendek dari Muhammad Luthfi, melepaskan crossing ke depan gawang Brunei. Bola mulanya tampak akan mudah dipotong kiper lawan, namun bola ternyata gagal ditinju kiper Brunei dan memudahkan Rafli untuk melesakkan gol dengan sundulan.

Unggul 1-0 tidak membuat Indonesia menurunkan intensitas serangan. Di menit ke-13, Garuda Muda mendapat peluang lewat Iqbal, namun tak berbuah gol setelah bola yang dicungkil si pemain melambung tipis dari gawang Brunei.

Di menit ke-23 Indonesia kembali mengancam gawang Brunei. Tandukan Nurhidayat memanfaatkan sepak pojok Egy masih bisa diamankan Mutalip dengan sempurna.

Peluang berikutnya didapat Indonesia di menit ke-32. Egy coba melepas tembakan, tetapi sedikit melambung di atas gawang Mutalip.

Indonesia terus berupaya menekan pertahanan Brunei. Mereka melakukan serangan dari berbagai sisi untuk mencoba masuk ke dalam kotak penalti. Namun, upaya Garuda muda kerap gagal setelah banyaknya pemain lawan yang ada di pertahanan.

Di menit ke-42 kerjasama Egy dan Witan berhasil menciptakan peluang. Tetapi sepakan Witan masih melebar.

Indonesia akhirnya berhasil memperbesar keunggulan di menit ke-44 lewat gol bunuh diri pemain Brunei. Sundulan Asnawi Mangkualam, yang menyambut umpan sepak pojok gagal disapu dengan baik oleh lawan. Skor 2-0 pun bertahan sampai turun minum.



Di awal babak kedua Indonesia melakukan dua pergantian pemain. Indra Sjafri menarik Witan dan Asnawi untuk memasukkan Saddil Ramdani dan Syahrian Abimanyu.

Babak kedua baru berjalan empat menit, Indonesia langsung memperbesar skor menjadi 3-0. Tendangan chip Iqbal dari hasil umpan satu-dua dengan Rafli di kotak penalti berhasil meluncur mulus ke dalam gawang Brunei.

Di menit ke-56 Indonesia kembali memperbesar skor menjadi 4-0. Egy melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti lawan dengan dikawal tiga sampai empat pemain lawan. Namun, si pemain tetap tenang dan melepaskan tembakan kaki kiri. Bola pun bergulir ke pojok kiri kiper.

Selang empat menit kemudian Indonesia kembali mencetak gol kelima. Saddil, yang menerima umpan pendek dari sepak pojok melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Bola yang meluncur deras ke sisi kiri gagal ditepis Mutalip.

Indonesia tak henti-hentinya menekan pertahanan Brunei. Permainan umpan-umpan pendek kerap mereka lakukan meski berada di area kotak penalti lawan.

Di menit ke-88 Indonesia berhasil membuat kemelut di depan gawang Brunei. Kerja sama Rifad dan Saddil membuat pemain lawan harus jatuh bangun menghentikan serangan Indonesia. Bola pun berhasil dimentahkan pemain Brunei keluar lapangan.

Hingga laga usai, skor 5-0 tetap bertahan untuk kemenangan Indonesia.

Susunan Pemain:
Indonesia: M. Aqil; Rachmat Irianto, Rifad Marasambessy, Firza Andika, Nurhidayat; Asnawi Mangkualam, M. Iqbal, Witan Sulaeman, M. Luthfi, M. Rafli, Egy Maulana

Brunei Darussalam: Mutalip; Rahemin, Wadud, Nazhan, Salleh (Alimin 81'); Aiman, Hadif (Firdaus 30'), Asyraff, Adi (Syahwan 85'), Aslan,Hariz

0 comments:

Posting Komentar