Senin, 09 Januari 2017

Bonek Bobol Puluhan Kios di GOR Pajajaran, Kerugian Ditaksir Ratusan Juta.


Bandung - Kehadiran ribuan Bonek-suporter Persebaya--di Bandung untuk mengawal Kongres Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), tercoreng dengan kelakukan nakal sejumlah Bonek lantaran melakukan penjarahan beberapa kios di GOR Pajajaran, Kota Bandung, Minggu, 8 Januari 2017.

Salah satu pemilik kios, Didin, 56 tahun, mengatakan kecewa terhadap kelakuan anggota Bonek itu. Padahal, kata dia, meski tidak berjualan seperti hari biasa dia ikut membantu membagikan konsumsi berupa nasi bungkus untuk ribuan Bonek yang berkumpul di sekitar GOR Lodaya.

"Hampir semua warung yang tutup kena bobol. Itu warung yang pakai roda semua habis. Kunci dirusak, ada juga yang sampai kacanya dipecahin," ujar Didin kepada wartawan di halaman GOR Pajajaran, Kota Bandung, Ahad, 8 Januari 2016.

Didin mengaku kaget ketika diberitahu oleh satpam di GOR Pajajaran bahwa kiosnya dibobol oleh Bonek. Kejadianya, kata dia, sekitar pukul 08.00 WIB, Minggu. "Kayanya mulai membobol pada dini hari hingga pagi hari tadi," ujar dia.

Menurut dia, minuman kemasan yang sebelumnya berjejer penuh memadati kulkas miliknya, ludes digondol. "Saya biarin aja sih cuma foto-fotonya aja buat bukti," katanya.

Pedagang lainnya, Ujang, 58 tahun, mengatakan hal serupa. Ujang mengaku kehilangan puluhan dus minuman kemasan dan uang receh sebesar Rp 700 ribu yang awalnya tersimpan di laci kios


Sekitar pukul 18.00 WIB, Minggu, 8 Januari 2017, rombongan Bonek sudah mulai berkurang. Sebagian besar dari mereka telah kembali pulang menuju Surabaya. Sampah cukup banyak berserakan di di sekitar halaman GOR Pajajaran.Puluhan kios di GOR Pajajaran terlihat rusak.

"Berdasarkan sebagian yang sudah terdata ada 21 kios yang dibobol di sebelah utara. Tapi itu belum semuanya, total jumlahnya sekitar 60-an toko yang rusak," kata Wakil Kepala Pengelola GOR Pajajaran, Suwardi.

Kepala Kepolisian Resor Kota Besar Bandung, Komisaris Besar Hendro Pandowo mengatakan belum mendapat laporan adanya pembobolan yang dilakukan Bonek itu. "Kami belum mendapat laporan ya, tapi nanti kami akan data sejauh mana kerusakannya dan kerugiannya. Secara umum kondisi aman ya tidak ada kejadian orang nodong-nodong," kata Hendro.

Salah satu Koordinator lapangan Bonek, Tubagus Dadang Kosasih, mengatakan ada sekitar 8 orang yang melakukan pembobolan itu. Dadang langsung mengamankan mereka yang ketauan melakukan perbuatan tidak terpuji itu.

"Kalau untuk yang dijebol nanti kita koordinasi dengan korlap yang lain. Nanti koordinasi juga sama Andie Peci, ini pelanggaran sudah masuk merusak rumah sendiri. Jangan sampai ada hal kecil yang bisa menjadikan renggang dengan saudara kita di sini. Karena ini rumah kedua buat Bonek. Intinya kita siap tanggung jawab," ujar Dadang.

0 comments:

Posting Komentar