Jumat, 23 Desember 2016

10 Stadion Terbesar Di DUNIA , Indonesia Salah Satunya !


Stadion Rungrado 1st of May ini bukan hanya jadi stadion terbesar di Korea Utara tapi juga sekaligus terbesar di dunia dengan kapasitas penonton mencapai 150.000 penonton. Stadion Rungrado ini selesai dibangun pada 1 Mei 1989 yang bukan hanya menjadi tempat pertandingan sepakbola tetapi juga berbagai perlombaan atletik dan perayaan Arirang Festival.
Stadion Hari Buruh “Rungrado” ini sebenarnya bukan khusus untuk sepakbola. Sifatnya multifungsi, sehingga kerap digunakan untuk olahraga yang lainnya juga. Selain yang perempuan, timnas laki-laki Korut pun acapkali bermain di sini. Stadion dengan nama unik ini terkenal sebagai tempat eksekusi mati bagi para jenderal yang mengancam nyawa pemimpin negara, Kim Jong il, dengan cara membakarnya hidup-hidup.
 

Salt Lake Stadium, India - 120.000 Penonton

Stadion Salt Lake Stadium atau yang dikenal dengan nama Yuva Bharati Krirangan ini menjadi rumah dari klub sepakbola East Bengala dan Mohun Bagan di India. Stadion tempat dilangsungkannya pertandingan melibatkan timnas India ini menjadi stadion terbesar ke-2 di dunia. Dalam kapasitas, Stadion ini bisa menampung sekitar 120.000 penonton. Tau ga gan, konon katanya tempat ini menjadi tempat terakhir kiper legendaris asal Jerman, Oliver Khan.
Stadion multifungsi lain yang terbesar di India dan menjadi yang kedua di dunia. Permainan derby se-kota diantara mereka sangat popular dan dinanti-nantikan para penggemar. Adapun timnas India sering menjadi Yuva Bharati Krirangan sebagai tempat untuk pertandingan home atau kandang.

Camp Nou, Spanyol- 99.354 Penonton

Stadion terbesar ketiga di dunia ini menjadi rumah bagi klub raksasa Spanyol, Barcelona. Stadion ini menjadi lapangan aksi pemain bola dunia ternama seperti Johan Cruyff, Luis Figo dan Lionel Messi saat mengiring bola. Stadion Camp Nou ini dibangung secara khusus dibawah permukaan tanah dan menjadi kebanggan Spanyol yang bisa menampung hingga 99.354 penonton. Camp Nou resmi dibuka pada tahun 1957 dan direnovasi kembali untuk diperbesar pada tahun 1982.
Estadio Azteca, Meksiko - 98.500 Penonton

Estadio Azteca dibuka pada tahun 1966 dan sudah dua kali menjadi tempat diselenggaraknya Final World Cup. Stadion terbesar di kota Meksiko ini memiliki nama Estadio Azteca. Stadion ini menjadi saksi bisu terjadinya pertandingan penting dari segala macam olimpiade termaksud saat Diego Maradona mencetak goal yang fenomenal. Kapasitas stadion Azteca ini bisa mencapai 98.500 penonton dan menjadi stadion sepakbola terbesar ke-4 di dunia.

FNB Stadium, Afrika Selatan - 94.736 Penonton 

Stadion First National Bank (FNB) ini terletak di Johannesburg, Afrika Selatan dan merupakan stadion diselenggarakannya final piala dunia 2010 lalu. Stadion ini menjadi stadion paling bersejarah di dunia karena di stadion inilah Nelson Mandela pertama kali berbicara didepan publik pada tahun 1990. FNB Stadion menjadi yang terbesar ke-5

Azadi Stadium, Iran - 95.225 Penonton 

Stadion Azadi menjadi salah-satu arena paling menyeramkan bagi tim lawan manapun. Lapangan yang berlokasi di Teheran ini menjadi kandang bagi timnas Iran sekaligus dua klub besar di negara tersebut, yakni Perespolis FC dan Esteghlal FC. Mereka adalah rival satu kota yang sering dijuluki sebagai ‘derbi Sorkhabi’. Tiap kali bertemu, auranya akan panas dan cukup intens.

Wembley Stadium, Inggris - 90.000 Penonton 

Stadion Wembley menjadi stadion tuan rumah bagi timnas Inggris dan kompetisi liga Eropa lainnya. Stadion ini bisa menampung 90 ribu penonton. Kini, Stadion Wembley yang terletak yang terletak di London Brought of Bent menjadi stadion terbesar di Inggris sekaligus ke-7 di dunia.

Stadion yang menjadi paling legendaris di Amerika Serikat ini bernama Rose Bowl dan pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia 1994. Stadion yang menjadi markas dari klub sepak bola Amerika yakni LA Glaxy dan juga markas dari timnas Amerika Serikat ini dapat menampung penonton sampai 92.542 orang. Rose Bowl Stadium ini menjadi terbesar ke-8 yang ada di dunia.

Gelora Bung Karno, Indonesia - 88.306 Penonton 

Stadion Utama Gelora Bung Karno atau disingkat GBK memang patut bangga sebab menjadi salah-satu yang terbesar di dunia. Dulu kita mengenalnya sebagai Gelora Senayan, yang dipergunakan untuk berbagai acara. Sesuai namanya, memang diambil dari Presiden Pertama RI. Stadion yang menjadi kandang bagi timnas dan klub Persija ini mampu menampung sekitar 80.000 bangku penonton.



Stadion kebanggaan negeri jiran yang dibuka pada tahun 1998. Perdana Menteri saat itu, Tun Dr. Mahathir bin Muhammad, meresmikannya pada 01 Januari 1998. Pada waktu itu stadion digunakan untuk ajang Commonwealth, sekaligus menjadi panggung bagi penampilan band asal Irlandia, The Corrs. Kapasitas penontonnya mencapai 100.000 penonton. Kini stadion Bukit Jalil menjadi kandang bagi timnas Malaysia serta dipergunakan juga sebagai gelaran Asian Cup.












0 comments:

Posting Komentar