Kamis, 09 Februari 2017

Menpora: Naturalisasi Solusi Instan untuk Perkembangan Awal Timnas Indonesia


Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, angkat bicara ihwal adanya rencana untuk menaturalisasi sejumlah pemain keturunan Indonesia. Menurutnya, naturalisasi bukanlah solusi yang bakal terus diterapkan ke depannya.

"Ini solusi instan. Ini kan untuk persiapan SEA Games dan sebagainya," ujar Menpora.

Menurut menteri asal Bangkalan ini, meski naturalisasi bukanlah solusi utama, negara tak bisa menutup mata atas keinginan sejumlah pemain berdarah Indonesia yang ingin membela Indonesia.

"Saya kira, kita nggak bisa menutup diri dengan kenyataan ini," tegasnya.

Wacana naturalisasi kembali bergaung jelang bergulirnya persiapan SEA Games 2017. Sejumlah nama dikabarkan bakal mendapat kewarganegaraan Indonesia.

Di antara sejumlah nama, baru nama Ezra Walian yang menemui titik terang. Bahkan, berkas naturalisasi pemain keturunan Manado ini disebut sudah mendapat lampu hijau dari Presiden Indonesia, Joko Widodo.

Lebih lanjut, Menpora mengaku yakin ada solusi lebih baik dan bijak ketimbang sekadar naturalisasi. Ia mengacungi jempol kebijakan PSSI yang menerapkan regulasi terkait penggunaan pemain muda dan pembatasan pemain asing di kompetisi.

"Ini pertanda ada kepercayaan luar biasa untuk memanfaatkan pemain-pemain muda kita. Saya kira dengan 250 juta penduduk kita, pasti akan bisa," katanya.

0 comments:

Posting Komentar