Senin, 26 Juni 2017

Vietnam Protes Aturan Nyeleneh Panpel SEA Games Malaysia, Apa Sebabnya??


Vietnam - Aturan mengejutkan datang dari Panitia Pelaksanaan SEA Games 2017 yang bakal digelar di Malaysia. Dalam halaman resmi Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF), disebutkan jika Panitia SEA Games Malaysia 2017 (Masoc) bersikap aneh dan tak adil.

Ketidakadilan Panpel SEA Games Malaysia sebagaimana dilansir oleh VFF adalah dalam menentukan grup di cabang olahraga sepak bola putra. Masoc menentukan Thailand dan Myanmar sebagai unggulan pertama dan kedua sehingga kedua negara tadi dipisah di grup A dan B.

Hal ini masih dinilai wajar karena Thailand merupakan peraih medali emas SEA Games edisi 2015, sementara Myanmar yang jadi runner-up di SEA Games Singapura dua tahun lalu. Dengan jumlah peserta yang ganjil, maka nantinya dua grup tadi ada yang berisi enam tim dan 5 tim.



Sementara itu Timnas U-22 Malaysia yang mewakili Malaysia di ajang SEA Games 2017 ini juga mengalami keterpurukan di pentas asia awal tahun ini, Timnas U-23 Vietnam sukses Menekuk Timnas U-22 Malaysia dengan Skor Telak 0-3, serta diperburuk dengan dibantainya Timnas U-22 malaysia oleh Timnas U23 Thailand dan Yordania 4-0 tanpa balas.


Dari sini lelucon terjadi menurut VFF. Hal ini lantaran Malaysia sebagai tuan rumah tak akan ikut undian untuk masuk grup A dan B. Mereka akan menunggu hingga masing-masing grup berisi empat tim peserta.

Nah sebelum dua tim terakhir diundi dalam pot undian, Malaysia berhak memilih grup mana mereka akan ditempatkan. Sementara dua negara tersisa yang belum diundi secara otomatis akan berada di grup lain yang bukan pilihan Malaysia.

Cara ini disebut tak fair karena Malaysia dipastikan bisa dengan mudah mendapat grup dengan peserta lebih sedikit (lima tim). Selain itu bisa memilih grup pun dianggap tidak fair dari segi persaingan.

Regulasi yang diterapkan Panpel SEA Games 2017 ini tak hanya untuk pengundian grup sepakbola putra. Cabang olahraga sepakbola putri serta futsal di SEA Games 2017 juga menganut regulasi yang sama.

Alhasil, regulasi yang diterapkan Panpel SEA Games 2017 ini sukses menuai kritik. Rencananya VFF bakal membawa persoalan ini pada pada pertemuan AFF di Nha Trang, Vietnam, pada 1 Juli 2017. Sementara pengundian grup untuk sepak bola SEA Games 2017 rencananya dilakukan pada 8 Juli 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia.

0 comments:

Posting Komentar